MAKALAH
HUBUNGAN
MIPA DAN TEKNOLOGI
Makalah
ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Dasar Dasar MIPA
Dosen Pengampu : JANUAR BA SPd
Mata Kuliah : Dasar Dasar MIPA
Dosen Pengampu : JANUAR BA SPd
Disusun
oleh:
1.
Raditya
Subrata NIM : 1051500231
2.
Devi
Kuswandari NIM : 1051500238
3.
Muhammad
Fadlin Alfino NIM
: 1051500251
4.
Ida
Mayawati NIM : 1051500254
PROGAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
2010
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
2010
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya
ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia_Nya saya
masih di berikan kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya
ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman – teman yang telah memberikan
dukungan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Amin
Penulis
ii
DAFTAR
ISI
Cover...........................................................................................................................................i
Kata pengantar...........................................................................................................................ii
Daftar Isi...................................................................................................................................iii
Bab I Pendahuluan :
A.
Latar
Belakang...............................................................................................................1
B.
Perumusan
masalah........................................................................................................1
C.
Tujuan
umum.................................................................................................................1
D.
Tujuan khusus................................................................................................................1
E.
Metode
penulisan...........................................................................................................2
Bab II Pembahasan :
A.
Ilmu pengetahuan dan
teknologi....................................................................................3
B.
Keterkaitan MIPA dan
teknologi...................................................................................4
C.
Keterkaitan MIPA dan teknologi dengan
masyarakat....................................................4
D.
Hubungan MIPA dengan
teknologi................................................................................5
Bab III Penutup :
A.
Kesimpulan ....................................................................................................................7
B.
Daftar
pustaka................................................................................................................7
Lampiran..............................................................................................................................8
iii
HUBUNGAN MIPA DAN TEKNOLOGI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Pada waktu ini kita sedang menyaksikan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat dinamis. Perkembangan
ilmu pengetahuan itu bertujuan untuk mengungkapkan kaidah – kaidah baru
mengenai fenomena alam, sosial, atau kemanusiaan serta penerapannya untuk
meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi
merupakan masukan yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Ilmu
pengetahuan dan teknologi di kembangkan melalui kegiatan penelitian. Penelitian
merupakan salah satu dharma perguruan tinggi, di samping dharma pendidikan dan
pengabdian pada masyarakat. Dengan demikian penelitian menjadi salah satu unsur
kegiatan pokok dosen dan mahasiswa dalam melakukan tugas di perguruan tinggi.
Penelitian adalah wahana penting bagi perguruan tinggi untuk turut
berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu
IPA dan teknologi berkembang saling mengisi dan saling berhubungan.
B.
Perumusan
masalah
Berdasarkan permasalahan yang ada, maka
penulis merumuskan masalah dengan pendekatan sebagai berikut:
1. Bagaimana
hubungan MIPA dan Teknologi?
2. Bagaimana
hubungan MIPA dan Teknologi dengan masyarakat?
3. Bagaimana
keterkaitan IPA dengan Teknologi?
C.
Tujuan
umum
Agar
pembaca dapat memahami keretkaitan antara MIPA dan Teknologi bagi hidup
manusia.
D.
Tujuan
khusus
Selain
mempelajari materi ini pembaca dapat:
1. Menjelaskan
arti serta konsep Teknologi
2. Menjelaskan
perana MIPA dalam Teknologi
3. Menjelaskan
perkembangan MIPA dalam bermacam disiplin ilmu
4. Menjelaskan
pentingnya teknologi bagi masyarakat, serta adanya ketergantungan
5. Menjelaskan
adanya ketergantungan perkembangan teknologi dan perkembangan
1
MIPA
6. Membemberikan
nilai dampak positif maupun negatif perkembangan budaya masyarakat
E.
Metode
penulisan
Penulisan
mempergunakan metode observasi dan kepustakaan. Cara – cara yang di pergunakan
pada penelitian adalah studi pustaka. Dalam metode ini penulis membaca buku –
buku yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.
2
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
Ilmu pengetahuan berawal dari rasa ingin tahu mengenai suatu fenomena
yang kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Rasa ingin tahu tersebut
merangsang kita untuk mengetahui lebih yang kita temukan. Dengan demikian, ilmu
pengetahuan berawal dari adanya fenomena, baik fenomena itu terjadi di awal,
masyarakat, atau diri manusia. Fenomena dapat pula timbul dari gagasan yang
berupa praduga, tanpa adanya kejadian yang konkrit. Fenomena itu di amati dan
di nalar untuk mencari hubungan sebab akibat antara variabel dalam fenomena
tersebut.
Proses pengamatan dan penalaran tersebut dilakukan secara sistematis dengan cara yang disebut metode ilmiah. Jadi ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang hubungan sebab akibat suatu fenomena yang di susun secara sistematis dari pengamatan atau percobaan. Kaidah ilmu pengetahuan tersebut dapat di tetapkan untuk memecahkan suatu masalah.
Teknologi adalah ilmu tentang penerapan ilmu pengetahuan. Dalam konteks makalah ini teknologi di pandang sebagai cabang ilmu pengetahuan. Pengembangan ilmu pengetahuan di mulai dengan menetapkan postulat – postulat yaitu asumsi yang dianggap benar tanpa harus di buktikan, selanjutnya disusun logika. Logika yaitu aturan berpikir yang berlaku dalam cabang ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Logika tersebut diterapkan dengan sistematis untuk membangun tesis atau teori tentang hubungan sebab akibat sebagai hasil postulat dan logika.
Dalam menbangun ilmu pengetahuan, kebenaran hubungan sebab akibat di jabarkan dari faktor – faktor yang di amati dari fenomena yang di teliti dan kebenarannya tersebut harus bersifat universal dan dapat di uji kembali. Cara pengembanagan ilmu pengetahuan seperti yang di uraikan di atas disebut metode ilmiah. Dengan demikan ilmu pengetahuan dan metode ilmiah mempunyai sifat :
1. Logis
2. Obyektif
3. Sistematis
4. Andal
5. Dirancang
6. Akumulatif
3
B.
Keterkaitan
MIPA dengan Teknologi
Ilmu pengetahuan dapat didefinisikan sebagai pengetahuan sistematis tentang hubungan timbal balik antara sebab akibat, yang dihasilkan melalui proses penelitian dan pengembangan. Teknologi berasal dari kata Yunani, Techno yang berarti ketrampilan atau seni. Dari kata itu antara lain diturunkan kata tekhnik dan teknologi. Teknik adalah cara atau metode, sedangkan teknologi mempunyai arti yang cukup banyak antara lain:
1. Penerapan
ilmu pengetahuan untuk tujuan – tujuan praktis
2. Cabang
ilmu pengetahuan mengenai penerapan tersebut dalam praktis dan industri.
3. Kumpulan
semua cara – cara dari suatu kelompok sosial dalam memenuhi obyek – obyek
material dari kebudayaan
4. Pemecahan
masalah – masalah praktis dengan menggunakan ilmu terapan.
Dalam
arti penerapan ilmu pengetahuan dan matode sistematis untuk mencapai tujuan –
tujuan insani maka caranya telah melalui proses “engineering”, baik secara
fisik, teknologi, maupun sosial.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengetahuan teknologi dapat timbul
tenggelam dan telah di alami oleh banyak peradaban manusia jaman yang lampau,
yang oleh orang jaman sekarang masih sulit terbayangkan. Keterkaitan ilmu
pengetahuan dan teknologi secara nyata telah mulai tampak sesudah adanya
evaluasi industri (1750 – 1850) yaitu dengan di temukannya konsep – konsep baru
di dalam bidang ilmu pengetahuan dan hasilnya dapat merangsang perkembangan
teknologi dan pada gilirannya nanti mendorong perkenbangan ilmu pengetahuan.
Konsep dasar penemuan ilmu pengetahuan
yang secara langsung berhubungan dengan teknologi antara lain : fisika, kimia,
dan biologi. Banyak hal dari ketiga bidang tersebut yang saling terikat dalam
hubungan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sebagai contoh : ditemukannya radio
telegraf merupakan pengaruh langsung dari hasil percobaan gelombang
elektromagnetik dalam laboraturium.
C.
Keterkaitan
MIPA dan Teknologi dengan Masyarakat
Ilmu pengetahuan pada dasarnya memiliki dua aspek yaitu teori dan
pengamatan yang harus terkait. Hal ini yang di maksud bahwa tidak semua konsep
yang telah diciptakan dapat di benarkan bila tidak dapat terkait dengan
pengukuran secara kuantatif. Disamping hal diatas pengetahuan sendiri bersifat
netral. Hasil dari pengetahuan (yang disebut teknologi) inilah yang perlu
tindak lanjuti dengan cara terkendalikan dan terarah, jika akan memiliki dampak
negatif. Dari hal inilah manusia yang luhur sangat di perlukan untuk menuntun
4
perkembangan dan pemanfaatan MIPA ke
arah yang benar.
Jadi keterkaitan antara MIPA dengan masyarakat adalah tidak langsung,
yang terkait langsung adalah teknologi. Memang dari sejarah kehidupan manusia
dapat di ketahui bahwa pengetahuan dan teknologi merupakan faktor – faktor
penting dalam pembentukan masyarakat dan kebudayaan. Serta teknologi berperan untuk
mengubah dan menguasai dunia fisik, sedangkan pengetahuan digunakan untuk
memahami kejadian – kejadian dunia fisik. Kegiatan teknologi inilah proses
memproduksi barang dan jasa yang juga menghasilkan sejumlah konsep dan metode
mengenai proses produksi tersebut. Akibatnya kemajuan teknologi membawa dampak
terhadap kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.
Secara tidak langsung dari perkembangan MIPA dan teknologi memunculkan cabang – cabang ilmu pengetahuan yang baru. Dengan menggunakan cabang – cabang pengetahuan baru tersebut kita dapat memperoleh hasil,misalnya:
1. Penggunaan
teknik kimia
2. Penggunaan
teknologi hutan
Pengaruh
langsung teknologi masyarakat ialah masalah teknologi tepat guna. Jadi
pengetahuan dan teknologi menyajikan kemudahan – kemudahan, kemakmuran,
kenyamanan. Namun demikian juga memiliki pengaruh baik maupun buruk. Dari
pengalaman diketahui bahwa manusia menguasai pengetahuan dan teknologi akan
semakin makmur kehidupannya juga bagi negaranya. Namun demikian dampak negatif
yang paling menonjol karena adanya teknologi yaitu masalah pengendalian diri
bagi manusia yang bersangkutan tersebut.
D.
Hubungan
IPA dan Teknologi
Pada abad 13 – 19 terjadi hubungan IPA dan teknologi secara tidak langsung. Sebelum itu, teknologi di kembangkan berdasarkan kaidah pengalaman dan teknologi masih berdiri sendiri. Contohnya mesin uap temuannya ilmiah tetapi praktik pembuatanya tidak melibatkan ilmuwan. Hubungan langsung terjadi setelah revolusi industri yang mengakibatkan pengaruh IPA sangat nyata terhadap teknologi. Sekitar abad 20 teknologi berkembang pesat sehingga melahirkan IPTEK moderen. Contoh abad 19 bahan – bahan kimia dan obat – obatan berasal dari bahan alami, setelah abad 20 bahan – bahan kimia dan obat – obatan dibuat secara sintentis atau dari bahan – bahan petrolium karena telah mengetahui struktur kimiawinya. Oleh karena itu matematika berperan dalam kimia terutama dalam bilangan – bilangan pada aspek teoritis maupun praktis, hukum perbandingan tetap, hukum kelipatan dan persamaan reaksi memerlukan hubungan matematika. Perkembangan ilmu kimia menjadi pesat setelah menggunakan metode ilmiah yang tak pula terlepas dari matematika. Matematika
5
tidak dianggap sebagai ilmu akan tetapi
digunakan sebagai penyedia alat atau perangkat dan kerangka kerja yang
digunakan dalam ilmu – ilmu alam. Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan
teknologi saling berhubungan.
6
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari makalah diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa tujuan yang paling
utama di dalam pembangunan saat ini yaitu kemampuan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian
pendidikan harus mampu menyiapkan generasi mendatang yang sanggup dan cukup
terampil mengambil bagian di masa depan yang jauh labih maju di bandingkan masa
kini.
B. Daftar Pustaka
Koentjaraningrat.1997.Metodhe Metodhe Penelitian Masyarakat.Gramedia:Jakarta
Slamet Imam.1977.Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan.Sinar Budaya:Jakarta
Zen MT.1981.Sanis Teknologi dan Hari Depan Manusia.Gramedia:Jakarta
7
LAMPIRAN
1. Malida :
·
Jelaskan
sifat – sifat metode ilmu pengetahuan dan metode ilmiah?
2. Sigit :
·
Berikan
contoh nyata hubungan Mipa dan Teknologi?
3. Dewi :
·
Berikan
contoh hubungan Mipa dan Teknologi dalam masyarakat?
·
Berikan
contoh dampak dari hubungan Mipa dan Teknologi?
4. Youlien :
·
Apakah
dampak dari Mipa dan teknologi terhadap kebudayaan?
JAWAB:
1. A. Logis : Masuk akal
Setiap ilmu pengetahuan dan metode ilmiah
harus mempunyai sifat yang logis, karena ilmu pengetahun harus bisa di terima
oleh masyarakat oleh karena itu ilmu pengetahuan dan metode ilmiah harus
mempunyai sifat yang logis.
B.Obyektif : Sesuai dengan fakta
B.Obyektif : Sesuai dengan fakta
Ilmu pengetahuan dan metode ilmiah harus
mempunyai sifat Obyektif karena ilmu pengetahuan kebenarnya harus dijabarkan
atau dibuktikan. Jadi ilmu pengetahuan dan metode ilmiah harus sesuai dengan
fakta.
C.Sistematis
: Konsisten
Ilmu pengetahuan dan metode ilmiah harus
mempunyai suatu pendirian yang kebenaranya sudah di buktikan.
D.Andal
: Dapat di uji kembali
Suatu ilmu pengetahuan dan metode ilmiah
harus dapat diuji kembali kebenarannya dan ilmu pengetahuan tersebut harus
bersifat universal dan dapat di uji kembali.
E.Dirancang
Suatu ilmu pengetahuan tidak bisa berkembang dengan sendirinya, tetapi ilmu pengetahuan dikembangkan melalui suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah.
Suatu ilmu pengetahuan tidak bisa berkembang dengan sendirinya, tetapi ilmu pengetahuan dikembangkan melalui suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah.
F.Akumulatif
Ilmu pengetahuan merupakan himpunan fakta ,teori
,hukum dll, yang terkumpul sedikit demi sedikit.
8
2. Contoh nyatanya misalnya Radio, yaitu
memanfaatkan suatu teknologi elektro, dan ilmu pengetahuan gelombang
elektromagnetic. Dari contoh di atas dapat dibuktikan bahwa mipa dan teknologi
mempunyai hubungan erat, berjalan beriringan seperti romeo dan juliet.
3. a. Teknologi telah menyajikan
kemudahan – kemudahan, kemakmuran dan kenyamana karena pengaruh langsung
teknologi masyarakat ialah masalah teknologi tepat guna. Contohnya: TV , HP,
dll.
b.
Dampak Positif : Dengan kemajuan teknologi dan mipa itu sendiri dapat
menciptakan kenyamanan hidup manusia.
Dampak Negative: Membuat kebanyakan manusia
menjadi malas karena kemajuan teknologi.
4. Perkembangan teknologi berpengaruh
terhadap kebudayaan, contohnya budaya barat yang masuk ke negara kita melalui
suatu teknologi yang bernama internet. Dari hal tersebut menimbulkan banyak
dampak negatif yang dapat merusak kebudayaan kita. Misalnya dengan cara
berpakaian yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita.
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar